Kecanduan Bersama Komunitas Pecandu Buku

Hai readers! Kalau bicara masalah kecanduan tentunya pikiran kita langsung mengarah kepada hal-hal yang cenderung negatif ya? Eitss tapi jangan salah, kali ini kita akan bahas kecanduan tentang hal yang positif. Kecanduan positif ini adalah kecanduan mengenai buku, yang dilakukan oleh Komunitas Pecandu Buku. Komunitas ini dibentuk bagi penggiat, penggila, ataupun pencinta buku yang berdomisili di berbagai daerah di Indonesia.

Selain memiliki grup virtual di media sosial, komunitas ini juga memiliki fasilitas perpustakaan, juga kegiatan sosial lainnya yang dapat meningkatkan kepedulian serta niat membaca bagi masyarakat terutama pemuda di Indonesia.

Ini dia 5 fakta menarik mengenai Komunitas Pecandu Buku:

  1. Digagas oleh Penyanyi Sekaligus Penulis Asal Bandung, Fiersa Besari
(instragram.com/fiersabesari)

Komunitas ini digagas berdasarkan ide Fiersa Besari yang biasa disapa bung beserta kawan-kawannya.

 

  1. Memiliki Perpustakaan di Bandung
(pecandubuku.com)

Tidak hanya komunitas yang dihubungkan secara virtual lewat media sosial, Komunitas Pecandu Buku ini juga memiliki perpustakaan di Jalan Pasirjaya IV No.1, Buahbatu Kota Bandung. Dan kerennya, perpustakaan ini mengoleksi buku-buku yang dihibahkan dari anggotanya loh!

 

  1. Rutin Mengadakan Lapak Baca
(twitter.com/pecandu_buku)

Biasanya lapak digelar untuk menjual beraneka macam barang ya? Berbeda dengan komunitas ini, mereka menggelar lapak yang menyediakan buku-buku anggotanya, untuk dibaca cuma-cuma alias gratis bagi masyarakat. Lapak ini digelar diberbagai daerah yang terintegrasi dalam komunitas.

 

  1. Merayakan Ulang Tahunnya dengan Lapak Serempak
(twitter.com/pecandu_buku)

Komunitas Pecandu Buku yang berdiri pada tanggal 18 Juli 2015 ini merayakan ulang tahun yang ke-2 nya dengan menyelenggarakan Lapak Serempak pada tanggal 14-16 Juli 2017 lalu. Kegiatan ini dilakukan oleh anggota komunitas yang berdomisili didaerahnya masing-masing, dengan total 15 Kota di Indonesia yang berpartisipasi.

 

  1. Memiliki anggota dari berbagai daerah dengan cara hibah buku dan menulis ulasan
(instagram.com/pecandubuku/)

Cara untuk masuk kedalam Komunitas Pecandu Buku terbilang unik, dengan dua macam cara. Yakni memberikan buku yang selanjutnya dapat ditempatkan dalam perpustakaan. Ataupun dengan cara memberikan ulasan orisinil calon anggota, tentang buku yang sudah dibaca. Wah bisa dicoba nih!

 

Wahh keren yaa, selain bisa berkumpul dengan teman baru, tentunya anggota dalam komunitas ini bisa juga bertukar ide mengenai menulis, berbincang tentang buku, dan saling berbagi informasi lainnya sambil melakukan kegiatan positif seperti menggelar lapak buku untuk meningkatkan budaya membaca!

Bagi readers yang juga tertarik, kalian bisa cek media dari Komunitas Pecandu Buku ini di websitenya pecandubuku.com , Instagram @pecandubuku, Twitter @pecandu_buku, Facebook Page di Pecandu Buku. Semoga bermanfaat!

Related posts

One thought on “Kecanduan Bersama Komunitas Pecandu Buku

Leave a Comment