Tips Belajar Efektif

Belajar efektif tentunya akan berbeda caranya bagi setiap manusia. Apalagi buat mahasiswa, ada yang suka belajar kelompok, ada pula yang lebih suka untuk menyendiri. Tapi diluar itu, kalian wajib baca tips dibawah yang bisa membantu cara kalian belajar kedepannya.

1. Be Optimistic!
Hal mendasarkan yang membedakan sukses dan yang tidak sukses terletak pada pola pikir. Pola pikir akan mewujudkan dalam tindak. Orang bisa sukses karena tindakannya dan semua tindakan itu berasal dari pola pikir sukses. Buatlah sugesti kalau kamu bisa menghadapi uas dan percayalah pada kemampuan dirimu sendiri. C’mon, you can do it!

 

2. Suasana Belajar yang Nyaman

Buatlah suasana belajar kamu nyaman, gengs. Memang, setiap orang punya cara belajar yang berbeda-beda. Untuk orang belajar ditemani iringan lagu, kamu bisa pilih lagu sesuai mood kamu. Sedangkan untuk kamu yang membutuhkan tempat yang sepi untuk bisa berkonsentrasi, kamu bisa pilih tempat seperti perpustakaan. The key is, don’t be distracted.

3. Good Timing

The best time to study is when our body is still fresh. Memang tidak semua orang punya waktu belajar yang sama. Namun, pada umumnya pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. Gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi baru. Jangan biasakan diri kamu untuk belajar dengan Sistem Kebut Semalam karena tidak efektif dan membuatmu lelah. Don’t push yourself too hard, Orangers!

4. Kembangkan Materi Yang Sudah di Pelajari

Buatlah pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan, tanyakan pada dosenmu atau cari jawabannya dari internet atau referensi lain. Cara belajar ini mengajak kita untuk selalu berpikir ke depan dan kritis. Hal ini perlu dikembangkan karena selain melatih kita untuk berfikir kritis juga akan lebih mengingat dan memahami materi yang baru saja kita pelajari.

5. Mencatat Pokok-Pokok Pelajaran

Buatlah intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang. Kata-kata kunci inilah yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran selama ujian. Selain itu, kita juga bisa membuat peta konsep dengan ilustrasi yang unik dan mudah dipahami.

6.Membaca Adalah Kunci Belajar

Dr. Seuss once said, “The more that you read, the more things you will know. The more that you learn, the more places you’ll go.” Jadi, harus biasakan budaya membaca gengs. Supaya kita bisa paham, minimal bacalah materi baru dua kali dalam sehari, yakni sebelum dan sesudah materi itu diterangkan oleh guru. Karena otak sudah mengolah materi tersebut sebanyak tiga kali jadi bisa dijamin bakal tersimpan cukup lama di otak kita.

7. Memahami, bukan Menghafal

Kita memang boleh menghafal 100% materi, namun apakah artinya jika kita tidak memahami isinya? So, what’s important is that kita memahami garis besar materi terlebih dahulu. Selama kita paham isinya, kita bisa menyampaikan materi dengan kata-kata kita sendiri.

8. Test Yourself

Actually, kita bisa melatih sendiri kemampuan otak kita. Pada setiap akhir bab pelajaran, biasanya selalu diberikan soal-soal latihan. Tanpa perlu menunggu instruksi dari dosen, coba jawab semua pertanyaan tersebut dan periksa sejauh mana kemampuan kita. Kalau materi jawaban tidak ada di buku, cobalah tanya ke dosen.

9. Take a Rest

Belajar memang penting namun jangan lupa istirahat ya, Orangers. Cobalah alokasikan waktu istirahat setelah 30-45 menit belajar. Kalau pikiran sudah suntuk, percuma saja memaksakan diri. Setelah istirahat, badan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi baru.
Itulah tips yang bisa kamu ikuti, gengs. Don’t stress. Percayalah, kerja kerasmu tidak akan mengkhianati hasil yang akan kamu dapat. Good luck!

Related posts

Leave a Comment